Selasa, 28 Agustus 2018

Lab 6 - Konfigurasi Wireless Protocol Mikrotik

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Wireless Protocol Mikrotik" . Disini kita akan melakukan beberapa konfigurasi pada Mikrotik. Berikut penjelasannya...


Untuk memulai semua konfigurasinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat konfigurasi Point to Point  terlebih dahulu.



- Nstreme



Nstreme adalah wireless protocol MikroTik's proprietary (protocol yang tidak kompatibel dengan vendor lain), yang digunakan untuk meningkatkan unjuk kerja jaringan wireless point-to-point. Fungsi nstreme adalah untuk meningkatkan performa link, terutama untuk link jarak jauh.


AP SIDE

1. Buka wireless, pada interface wlan 1 klik Nstreme lalu ceklis Enable Nstreme dan Enable polling klik apply lalu OK.

2. Setting wireless pada interface wlan1, ubah wireless protocol menjadi nstreme klik apply lalu ok.


3. Cek traffic pada interface wlan1.


STATION SIDE

1. Lakukan bandwith test pada client, dengan cara buka tools lalu pilih bandwith test, masukkan Ip server (AP) pada test to, isi user menjadi admin lalu klik start.

2. Pada interface wlan1 buka traffic.





- NV2

Nv2 adalah wireless protocol yang dikembangkan oleh MikroTik untuk penggunaan Atheros 802.11 wireless chips. Nv2 based on TDMA (Time Division Multiple Access), TDMA media access technology mengatasi masalah hidden node, sehingga meningkatkan throughput dan latency khususnya untuk PtMP radio networks. Setiap client wireless hanya diperbolehkan melakukan pengiriman data berdasarkan waktu-waktu yang ditentukan secara bergiliran.

AP SIDE

1. Pada interface wlan1 buka wireless, lakukan setting pada mode menjadi Ap bridge, Band menjadi 2GHz-B/G/N, isi SSID dan Radio Name sesuai keinginan kalian. Ubah Wireless protocol menjadi nv2 klik apply lalu OK.



2. Cek traffic pada interface wlan1.


STATION SIDE

1. Lakukan bandwith test pada client, dengan cara buka tools lalu pilih bandwith test, masukkan Ip server (AP) pada test to, isi user menjadi admin lalu klik start.

2. Pada interface wlan1 buka traffic.




- VAP (Virtual Access Point)

Virtual Access Point adalah interface virtual wireless yang digunakan untuk


membuat beberapa Access Point Virtual dari satu interface wireless fisik. Jadi hanya dengan menggunakan satu wireless interface fisik saja kita dapat membuat banyak virtual Access Pont dengan SSID, Network, dan Mac Address, yang berbeda pada masing masing-masing AP. Namun menggunakan frekuensi dan band yang sama dengan wlan induknya (real). 


1. Langkah pertama yang haruss dilakukan adalah buka wireless table, lalu tambahkan virtual dengan cara klik + pada interfaces.




2. Lalu pada wireless, ubah mode menjadi ap bridge, dan SSID sesuai nama yang kalian inginkan, ubah juga master interface menjadi wlan1. Jika sudah klik apply lalu OK.

3. Hasilnya akan seperti dibawah ini.


- Nstreme Dual

Nstreme dual memanfaatkan keunggulan nstreme (polling based) namun menggunakan 2 interface sekaligus yaitu 1 sebagai TX dan satu lagi sebagai RX. Untuk menjalankan nstreme dual mikrotik harus mempunyai 2 interface wireless.


1. Langkah pertama yang haruss dilakukan adalah buka wireless table, lalu tambahkan Nstreme Dual, dengan cara klik + pada interfaces.

2. Selanjutnya pada nstreme dual ini, pada Tx radio pilih wlan1 dan Rx radio yaitu wlan2. karena pada router saya hanya menggunakan 1 interface untuk wireless, maka di Rx radio hanya ada pilihan wlan1 saja lalu klik apply dan klik ok





Sekian dari saya semoga bermanfaat :)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar