Selasa, 28 Agustus 2018

Lab 5 - Konfigurasi Data Rate Mikrotik

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh



Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Cara Mengkonfigurasi Data Rate Pada Mikrotik"




Apa Itu Data Rate?  Bagaimana Jika Kita Ingin Melakukan Contoh Penerapan Data Rate di Mikrotik ?


     Data rate adalah Ukuran kecepatan bit data dalam proses transmisi, dihitung dalam bit per detik. Data rate dipengaruhi oleh kuat lemahnya sinyal Rate flapping terjadi karena naik turunnya data rate (rate jump), Rate flapping dapat dicegah dengan memilih data rate yang lebih rendah agar link lebih stabil. 



Berikut langkah-langkahnya :


     Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat konfigurasi Point to Point. Jika kalian belum mengetahuinya silahkan cek pada blog saya sebelumnya tentang konfigurasi Point to Point.

AP SIDE

1. Pada Interface wlan1 ubah mode menjadi Ap bridge, ubah band menjadi 2GHz-B dan ubah SSID sesuai keinginan kalian lalu klik apply dan OK.



2. Kemudian setting data rates dengan cara buka wireless, klik 2x pada wlan1 lalu klik data rates. Ubah Supported Rates B dan Basic Rates B . Perlu diketahui bahwa saat kalian mengubah 2mode tersebut jumlah Mbps nya harus sama, seperti contoh dibawah ini. 


- Karena jika jumlah yang anda pilih tidak sama, maka akan muncul pop up seperti dibawah ini. 




STATION SIDE

1. Pada Interface wlan1 ubah mode menjadi station, ubah band menjadi 2GHz-B dan ubah SSID serta radio name sesuai keinginan kalian, dan security profile lalu klik apply dan OK.


2. Lakukan bandwith test pada client, dengan cara buka tools lalu pilih bandwith test, masukkan Ip server (AP) pada test to, lalu isi user menjadi admin lalu klik start.


 3. Kembali pada wireless table di registration ini kita akan melihat kecepatan dari  Tx Rate dan Rx Rate .






Share:

1 komentar:

  1. Users on the same server share resources like CPU, memory, and storage, making it a cost-efficient solution but with shared limitations.hdhub4u

    BalasHapus