Senin, 27 Agustus 2018

Lab 4 - Konfigurasi Wireless Security WEP dan WPA

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Wireless Security and Encryption"

Apa itu Wireless Security?



Wireless security / keamanan adalah pencegahan akses yang tidak sah atau kerusakan pada komputer yang menggunakan wireless jaringan. Jenis yang paling umum dari keamanan nirkabel Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access (WPA).

Dan yang perlu diketahui, security profiles hanya digunakan jika access point yang akan kita gunakan memiliki password.

WEP 

WEP adalah standar keamanan yang terkenal lemah. Password menggunakan sering dapat retak dalam beberapa menit dengan komputer laptop dasar dan perangkat lunak tersedia secara luas. WEP adalah IEEE 802.11 standar lama dari tahun 1999 yang usang pada tahun 2003 oleh WPA atau Wi-Fi Protected Access.

Untuk konfigurasinya, buka wireless lalu klik security profile, klik + untuk menambahkan security profile. Ubah name sesuai yang kalian inginkan, dan ubah Authentication Type agar bisa mengubah Static Keys.


- Jika sudah pada static keys, ubah Key 0 menjadi 40bit wep lalu masukkan password, untuk WEP passwordnya menggunakan perhitungan heksadesimal, disini saya isi password menggunakan A123456789 setelah itu klik Apply lalu OK.



WPA 

WPA adalah alternatif yang cepat untuk meningkatkan keamanan di WEP. Standar saat ini adalah WPA2, beberapa hardware tidak dapat mendukung WPA2 tanpa upgrade firmware atau penggantian. WPA2 menggunakan perangkat enkripsi yang mengenkripsi jaringan dengan 256 bit kunci, panjang kunci lagi meningkatkan keamanan di WEP.

Untuk konfigurasinya sama seperti WEP sebelumnya, yang berbeda disini hanya mode saja. Jika pada WEP mode nya Static Keys Optional , pada WPA mode nya adalah dynamic keys. Setelah ubah mode , ceklis WPA PSK dan WPA2 PSK , dan aes ccm, Isi juga passwordnya dengan menggunakan huruf,angka dan karakter agar aman setelah itu klik Apply lalu OK.


Perlu diketahui, jika menggunakan security profiles maka konfigurasi security profile pada AP dan client/station harus sama. Jika beda tidak akan bisa terhubung.

Sekian dari saya semoga bermanfaat:)

Share:

1 komentar:

  1. Shared hosting is often designed with user-friendly interfaces, making it easy for users to set up and manage their websites without extensive technical knowledge.[url=https://filmyzilla.naijalivinguk.com/]filmyzilla[/url]

    BalasHapus