Selasa, 28 Agustus 2018

Konfigurasi FTP Server pada Windows Server 2012

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Cara Konfigurasi FTP Server pada Windows Server 2012"

Apa itu FTP?

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP client dan FTP server. Layanan FTP bisa diatur menjadi FTP public, dimana semua orang bisa mengakses data-data yang ada di server FTP dengan mudah. Selain dapat diatur menjadi FTP public, layanan FTP ini juga bisa diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang memiliki izin untuk mengakses data-data tersebut.

Karna kita sudah mengetahui ftp, mari lanjut ke konfigurasinya...

Sebelum membuat FTP tentunya kita perlu menginstal feature FTP pada WINDOWS SERVER 2012 terlebih dulu.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk terlebih dahulu ke windows server 2012. Lalu ke server manager dan pilih add roles and features.


2. Selanjutnya kalian akan masuk ke add roles and features wizard pada tab ini kalian akan di tampilkan penjelasan tentang fungsi dan peringatkan tasks yang berkaitan dengan penambahan add role dan features.


3. Pada instalation type kita pilih role based lalu klik next. Kenapa kita pilih role based? karena kita akan melakukan konfigurasinya


4 .Kemudian pada tahap selanjutnya langsung saja klik 'Next'


5. Tambahkan  web server (IIS) lalu next. Caranya yaitu dengan kita ceklis pada kolomnya.


6. Pada pemilihan Features, klik next saja dikarenakan tidak ada features lagi yang dibutuhkan FTP Server.


7. Pada pemilihan server roles, pilih FTP Server yang ada pada opsi Web server. Lalu pilih FTP Service. Jika sudah, klik next. 


8. Setelah itu, pilih restart the destination server untuk merestart Windows Server untuk menerapkan FTP Server yang sudah kita buat sebelumnya. Jika sudah, klik Install lalu tunggu Installasi sampai selesai,jika sudah selesai klik Close.


9. Setelah selesai menginstalasi fitur FTP. Langkah konfigurasi selannjutnya, yaitu klik tools lalu klik Internet Information Service (IIS) Manager.


10. Kemudian akan muncul menu IIS seperti dibawah ini. Disini kalian klik nama server kalian. 


11. Selanjutnya klik pada bagian "FTP Authentication"




12. Berikutnya "Enable" pada bagian "Anonymous authentication", karena pada bagian anonymous semua user bisa mengkases ftp tersebut. 


13. Jika sudah di enable, kembali ke halaman awal IIS Manager, lalu pilih FTP Authentication Rules. 


14. Klik Add Allow Rule. Setelah itu, buat access untuk Anonymous users, lalu izinkanlah Anonymous dengan cara kalian ceklis Read dan Write. Fungsinya untuk melihat dan mengedit file yang ada pada FTP Folder. Setelah itu klik ok. 



15. Buatlah folder pada disk C.


16. Jika sudah dibuat access untuk anonymous dan membuat folder pada disk C, tambahkan FTP Site. Dengan cara klik kanan pada Sites, lalu klik Add FTP Site. 


17. Pada FTP site name, masukkan nama sesuai keinginan kalian. Perlu diperhatikan, saat mengisi nama formatnya harus seperti dibawah ini misal ftp.nama kalian.net lalu pada Content Directory, pilih Physical path, arahkan pyshical path ke folder baru yang sudah dibuat di disk C tadi.


18. Kemudian pada bagian Binding and SSL settings, masukkan IP Address Server kalian lalu gunakan port 21. Setelah itu pada bagian SSL, kita pilih No SSL karena kita tidak menggunakan Secure FTP. Setelah itu klik next.


19. Lalu pada Authentication and Authorization, Pilih authentication untuk Anonymous dan allow Access untuk Anonymous. Buat agar Anonymous berhak mengedit dan melihat File dengan cara klik cekllis pada read dan write. Setelah itu klik next. 


20. Jika pembuatan FTP site sudah selesai, maka akan muncul FTP site yang sudah kita buat tadi. Klik site yang sudah kita buat tadi. 


21. Setelah itu klik Explore File untuk melihat Folder FTP tersebut. 


22. Setelah itu kalian buat lagi folder baru pada folder yang tadi sudah dibuat pada disk C


23. Kemudian cobalah masukkan ip address server kalian untuk mencari file yang sudah dibuat sebelumnya secara cepat


24. Coba lagi masukkan ip address server kalian pada internet explorer untuk mencari file yang sudah dibuat sebelumnya. Jika berhasil maka tampilannya akan seperti ini. Pada internet explorer format search nya yaitu ftp://172.16.13.1 .


25. Setelah itu, kalian masuk ke cmd pada server lalu ketik ftp (ip address) ==> anonymous ==> password : IUSR ==> dir ==> mkdir (file yang ingin kalian buat). Jika sudah, akan muncul file yang kalian buat pada bagian bawah.



26. Sekarang coba transfer file dari Client menuju Server. Kita coba lakukan menggunakan aplikasi filezila. Sebelumnya kita download terlebih dahulu lalu instal. Setelah itu, coba cek File yang ingin kita kirim. Selanjutnya, kita akses Server dengan mengisi Host dengan IP Server, selanjutnya isi User dengan Anonymous, Password : IUSR, Port : 21 lalu klik QuickConnect. Jika sudah kita klik 2x atau klik kanan lalu klik upload pada file yang ingin kita kirim.jika berhasil maka ada notifikasi Transfer Finished.




Authentication User

- Selanjutnya, kembali ke home lalu kalian Add FTP site, isi nama yang berbeda, untuk physical path terlebih dahulu kalian buat folder yang berbeda dengan folder awal.


- Kemudian isi ip address dan port lalu pilih "No SSL" lalu next.



- Selanjutnya, kalian ceklis pada basic kemudian allow access to Specified users dan isi nama sesuai yang kalian inginkan. Kemudian kalian ceklis permissions read dan write lalu finish.



- Setelah membuat konfigurasi FTP, langkah selanjutnya yaitu menambahkan user untuk mengakses file FTP tersebut. Pada tab tools pilih Computer Management.



- Pilih Local Users and Group kemudian klik kanan pada Users tersebut lalu isi data user baru lalu  ceklis pada user cannot change password dan password never expires kemudian klik create. Untuk nama user saya sarankan kalian mengisi sesuai dengan nama FTP yang sudah kalian konfigurasi sebelumnya seperti diatas agar mudah saat login ke FTP nanti dan unutk password gunakanlah hurus, simbol, dan angka.



- Setelah selesai akan muncul user yang sudah kalian buat tadi. Kemudian restart server




- Nah untuk mengetest FTP, kalian ke File Explorer lalu ketikkan ip kalian ftp://172.16.1.113 . Jika sudah akan muncul pop up untuk login disini kalian isi username dan password yang sudah dibuat tadi lalu klik log on.



- Setelah berhasil login maka akan muncul file/folder yang sudah kalian buat tadi.






Filtering Data

Fitur filter ini dapat memudahkan pengguna untuk menampilkan hanya file dengan ekstensi tertentu saja yang ditampilkan oleh panel browser.

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat beberapa file pada folder FTP.

- Kemudian pada home kalian pilih FTP Request Filtering.


- Setelah itu klik Deny file name extension, kemudian kalian isi file yang kalian ingin filter nantinya. Disini saya akan memfilter file berextensi .flv



- Kemudian tes FTP apakah file itu sudah terfilter atau belum. Jika berhasil maka file yang kalian filter nanti sudah tidak muncul lagi seperti dibawah ini.

 




Sekian dari saya selamat mencoba dan semoga berhasil:)
Wassalamualaikum




Share:

0 komentar:

Posting Komentar