Kamis, 18 Oktober 2018

Konfigurasi File Management Task pada File Server Resource Management (FSRM) Windows Server 2012

Assalamualaikum.Wr.Wb
Salam sejahtera bagi kita semua para pecinta dunia IT :)
Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan materi sebelumnya yang ada pada feature FSRM yaitu File Screening. Jika kalian belum mengetahuinya silahkan cek disini.

Nah sekarang saya akan menjelaskan materi tentang File Management Task.
File management task 

Langkah pertama buka File Server Resource Management (FSRM) kemudian buat File Management Tasks dengan cara klik kanan > Create File Management Tasks,bisa klik juga pada pojok kanan



Kita sekarang dapat memilih "Buat Tugas Manajemen File" dari menu tindakan di sebelah kanan. Ini akan membuka jendela "Buat Tugas Manajemen File" seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Ini dimulai pada tab umum, di mana kita dapat memberikan tugas nama, deskripsi, dan secara opsional mencentang untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tugas.


Di tab scope kita dapat memilih jenis file yang akan dimasukkan dari daftar tipe yang telah ditentukan, atau menambahkan folder kustom. Dalam contoh ini, kami telah menambahkan ruang lingkup khusus untuk menyertakan semua yang ada di desktop pengguna Administrator



Pada tab action kita dapat memilih tindakan yang kita inginkan terjadi baik dari kedaluwarsa file, enkripsi RMS, atau tindakan kustom. Saat memilih kustom, kami dapat memilih skrip atau file yang dapat dieksekusi untuk dijalankan sebagai pengguna yang ditentukan. Kadaluwarsa file memungkinkan kita untuk memilih direktori yang ingin kita kadaluarsa file di dalamnya yang akan memindahkannya ke lokasi yang diarsipkan setelah jangka waktu tertentu, sementara enkripsi RMS memungkinkan kita untuk mengenkripsi file yang berada dalam lingkup dan mencocokkan kondisi yang ditetapkan.


Kami kemudian dapat memilih alamat email untuk dikirim ke, pesan log peristiwa untuk masuk, atau perintah untuk dijalankan sebagai bagian dari kegiatan pemberitahuan



Pada tab report kita dapat memilih apa yang ingin ingin log, dan karena format report yang dibuat disini adalah DHTML dan HTML kalian ceklis pada keduanya . Report akan disimpan secara otomatis di folder C: \ StorageReports \ Scheduled, dan kita juga dapat memilih untuk mengirim report melalui email ke alamat email yang ditentukan.


Pada tab Condition disini memiliki beberapa opsi yaitu hari pada saat di create, dimodifikasi, diakses start awal mulai dari 0 sehingga data diproses lebih mudah, disini kita ceklis semua opsinya.


Selanjutnya pada tab Schedule kita dapat menjalankan file management task pada waktu tertentu, pada hari-hari tertentu dalam seminggu, atau hari dalam sebulan. Untuk melakukan proses pengecekan data expired atau kadaluwarsa kita pilih waktunya setiap jam 15:00 wib pada hari Senin. 


Setelah file management task dibuat, kita dapat melihatnya di bagian tugas pengelolaan file seperti yang ditunjukkan di bawah ini, yang memungkinkan kita untuk melihat ringkasan dari apa yang telah kita konfigurasikan. Lalu klik kanan pada file tersebut.


Kemudian akan muncul data file pada folder download seperti dibawah ini. File yang muncul berjumlah 11 file.


Pada file management task, di bagian ini kita akan memverifikasi dengan cara klik kanan pada file yang sudah ada, kemudian pilih Run File Management Task Now .


Selanjutnya akan muncul pop-up lalu kita pilih Wait for the task to complete (this can take hours or days) yang berarti proses perpindahan data expired dilakukan tanpa menunggu seusai schedule.


Jika sudah maka otomatis akan muncul laporan dalam bentuk HTML yang berisi 11 file tadi yang berada di dalam folder download.


Kemudian ke client, cek pada drive C tempat penyimpanan data expired yang sudah dibuat sebelumnya, jika di drive C muncul file-file ini berarti sudah berhasil, lalu jika kalian cek pada folder download maka hasilnya pasti kosong. Hal ini dikarenakan file yang sudah expired berpindah tempat ke drive C.


Selanjutnya untuk event log, cek pada Event Viewer. Caranya kembali ke home Server Manager > Tools > Event Viewer lalu pilih application kemudian cari file warning seperti gambar dibawah ini.  





Sekian dari saya 
Selamat mencoba dan semoga berhasil :))))
Sampai jumpa di postingan selanjutnyaa
Wassalamualaikum.Wr.Wb

Share:

0 komentar:

Posting Komentar