Senin, 27 Agustus 2018

Wireless 2 - Konfigurasi Point to Multipoint Mikrotik



Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Konfigurasi Wireless Point to Multipoint Mikrotik" .


Apa itu Point to Multipoint ?

  Point to Multipoint Adalah satu komputer/perangkat yang dapat di sambungkan ke banyak komputer/perangkat dan biasanya jaringan ini digunakan pada area hotspot ataupun pada warnet, karena dari 1 server di sebar ke beberapa client.
  Cara kerja Point to Multipoint masih sama dengan Point to Point, akan tetapi Point to Multipoint dapat memperbolehkan 1 buah Routerboard yang terhubung ke Internet (AP) dan mengkoneksikannya ke beberapa client melalui media wireless, sedangkan Point to Point hanya dapat mengkoneksikan 1 client saja.

Untuk contoh topologi nya seperti dibawah ini…



1. Langkah pertama yaitu setting pada IP. Caranya dengan klik IP lalu pilih addresses. Lalu klik tanda + untuk menambahkan IP. Pada Router AP tambahkan IPnya 10.10.10.1/24 , pada Client1 tambahkan IPnya 10.10.10.2 , dan Client2 tambahkan IPnya 10.10.10.3 . Dibawah ini adalah contoh penambahan ip address pada router AP.




2. Lalu aktifkan Wlan1 , dengan cara klik wireless lalu klik wlan1, setelah itu klik tanda ceklis untuk mengaktifkannya.












3. Kemudian klik 2x pada wlan1 tersebut. Pada wireless ubah mode sesuai router yang kalian akses, misalnya saya disini menggunakan router AP maka saya mengubah menjadi Ap bridge, jika Client ubah menjadi Station bridge. Ubah band menjadi 2Ghz-B, dan ubah SSID sesuai yang kalian inginkan.



- Ubah security profile dengan cara menambahkannya terlebih dahulu, pada wireless klik security , lalu ubah name dan isi password pada general.




Pada interface wlan1 jika kalian menjadi AP, kalian tinggal klik apply lalu OK. Namun, jika client kalian klik apply lalu scan.

4. Pada client setelah klik scan, klik start lalu akan muncul interface AP yang dibuat tadi. Klik AP tersebut lalu klik connect .



5. Terakhir, untuk mengetahui koneksinya sudah tersambung atau belum. Pada router AP buka wireless table lalu registration, jika sudah muncul dua client maka sudah terkoneksi.


- Lalu ping juga dari AP ke kedua client melalui terminal seperti dibawah ini, begitupun sebaliknya.


Sekian dari saya selamat mencoba dan semoga berhasil :)

Share:

0 komentar:

Posting Komentar