Rabu, 08 Agustus 2018

KB 1 - Keberagaman Komunikasi


Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh...

Pada blog ini saya akan menjelaskan materi tentang teknologi layanan jaringan, yaitu:


KEBERAGAMAN KOMUNIKASI


   



A. KOMUNIKASI AUDIO







Definisi :

 

      Komunikasi Audio dalam sistem komunikasi menggunakan sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem  pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.



Contoh :

    Telepon, walkytalky, radio, dan tape recorder.


Macam-Macam Audio Pada Komunikasi Data

- Audio visual Perangkat sound sistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya.

- Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni mendownload file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.

- Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.

- Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.

- Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.




Perangkat Audio Pada Komunikasi Data

Audio CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth
Audio Controller : melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.
Mikropon & Speaker : merupakan perangkat input/output dalam sistem audio .

Prinsip-prinsip komunikasi audio Pada Komunikasi Data


        Mengingat komunikasi audio merupakan komunikasi verbal yang diucapkan, maka prinsip penggunaan bahasa sama dengan prinsip-prinsip komunikasi audio. Prinsip Komunikasi Audio adalah sebagai berikut:


1. Kata-kata adalah simbol dari hal-hal nyata tetapi bukan hal-hal itu sendiri.
2. Arti terletak dalam diri individu bukan dalam kata-kata.
3. Semua hal mengalami perubahan, yang tetap adalah perubahan itu sendiri.
4. Hindari orientasi yang bersifat kaku Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan.
   



B. KOMUNIKASI VIDEO





Hasil gambar untuk CCTVGambar terkait


Definisi :


       Komunikasi Video adalah sebuah alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui visual atau penglihatan atau singkatnya adalah sebuah alat komunikasi yang dapat dilihat oleh mata manusia, komunikasi ini memungkinkan beberapa orang untuk bertemu pada saat yang sama tanpa memperdulikan tempat dan waktu. Komunikasi ini memungkinkan anda untuk melakukan sesuatu tanpa harus menemui si penerima.


Contoh :



    CCTV (Closed Circuit Television).


Manfaat Komunikasi Video

- Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tanpa harus bertemu dengan si penerima
- Dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang atau beberapa orang dalam jarak yang jauh tanpa mengenal waktu
- Dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran

Bentuk-bentuk Komunikasi Video

Ada beberapa macam bentuk-bentuk komunikasi video dalam kehidupan sehari-hari seperti gambar/foto, sketsa, diagram, grafik, dan bagan.

1. Gambar / Foto
Gambar / Foto adalah bentuk komunikasi video yang paling sering kita jumpai dan paling umum digunakan, gambar / foto biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan iklan dan lain sebagainya

2. Sketsa
Sketsa adalah komunikasi video dalam bentuk gambar sederhana atau bisa juga disebut sebagai draft kasar yang melukiskan gambar pokok tanpa detail. Sketsa juga bisa memperjelas sebuah pesan.


3. Diagram / Sketsa
Diagram / Sketsa adalah bentuk komunikasi video yang berbentuk gambar sederhanayang menggunakan garis dan simboluntuk menggambarkan struktur dari obyek tertentu secara garis besar

4. Bagan / Chart
Bagan / Chart adalah sebuah komunikasi video yang menyajikan ide atau konsep yang sulit sehingga lebih mudah dicerna oleh si penerima. Bagan juga dapat memberikan ringkasan butir-butir penting dari penyajian.

5. Grafik
Grafik adalah bentuk komunikasi video yang berupa gambar sederhana yang menggunakan garis, titik, simbol verbal atau bentuk tertentu yang menggambarkan data kuantitatif. Misalnya grafik tentang pertumbuhan



C. KOMUNIKASI AUDIO VIDEO








Definisi :



     Komunikasi audio video (audio visual)  adalah suatu bentuk komunikasi yg merupakan gabungan antara komunikasi audio dan komunikasi video. Komunikasi ini dapat ditangkap melalui alat pendengaran (audio) dan penglihatan (visual).



Contoh :


    Video Call, Televisi (TV) , dan Video Conference atau Teleconference.




D. KOMUNIKASI DATA


Hasil gambar untuk KOMUNIKASI DATA ADALAH



Definisi :


     Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat, seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.




Sekian dari saya, semoga bermanfaat :)









 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar