Senin, 10 Desember 2018

Konfigurasi Wordpress


Assalamualaikum.Wr.Wb
Salam sejahtera bagi kita semua para pecinta dunia IT :)

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas materi tentang WordPress.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Nah karena kita sudah mengetahui apa itu Wordpress, kita lanjut saja yuk ke konfigurasinya...

Langkah pertama yaitu, install terlebih dahulu WordPress dengan cara buka situs https://webgallery.microsoft.com/gallery pada web browser. Kemudian klik WordPress.


Kemudian kalian klik Install, pada ikon yang berwarna hijau.


Selanjutnya akan muncul pop-up seperti ini untuk install web platform installernya, kemudian klik Install Now setelah itu tunggu proses download selesai.


Kemdian kalian klik pada file aplikasi installer yang sudah didownload tadi kemudian klik Run as administrator.



Lalu kita tunggu sampai proses web platform installer selesai. Kondisi ini membutuhkan koneksi internet yang tinggi dan waktu yang lumayan cukup lama.

Setelah selesai akan muncul pop-up seperti ini. Kemudian klik Install untuk memulai instalasi WordPress.


Masukkan password sesuai keinginan anda untuk MySQL nantinya. Jika sudah, klik Continue.


Kemudian klik I Accept untuk menerima segala ketentuan dan melanjutkan proses instalasi Wordpress.


Maka proses download WordPress akan berjalan. Pada fase ini membutuhkan waktu yang sangat lama karena total file instalasi cukup besar. 


Kemudian setelah proses donwload selesai, pada bagian configure rubah pada kolom "Wordpress" application name menjadi / (Root). Kemudian klik Continue. 


Kemudian pada bagian ini kita klik Continue.


Kemudian kita sampai tahap akhir yang akan memunculkan name, username dan password untuk MySQL nantinya. Klik Copy to clipboard untuk menyimpan passwordnya.


Untuk memudahkan, kita dapat menyimpan data password di Notepad.


Kemudian jika sudah di copy, kita klik Finish. Sampai disini proses instalasi telah selesai.


Kemudian isi Site Title, Username dan Password sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Jika password dirasa lemah tetapi kita tetap ingin memakainya, kita klik ceklis pada Confirm use of weak password. Jika sudah, klik Install WordPress.


Jika instalasi berhasil maka akan muncul pop-up yang berisi bahwa kita telah berhasil menginstal WordPress. Kemudian kita coba log in dengan cara klik Log In. Kemudian masukkan Username dan Password yang telah kita buat tadi. Jika sudah, klik Log In.




Maka tampilannya akan seperti dibawah ini. Disini kita bisa mengatur WordPress sesuai keinginan kita.

Jika kita ingin membukanya dengan menggunakan DNS yang telah kita buat, maka arahkan terlebih dahulu IP addressnya pada bagian Preferred DNS server sesuai dengan IP dns yang sudah kita buat atau daftarkan sebelumnya. Jika sudah, klik OK. Kemudian tambahkan DNS kita pada file yang berada LocalDisk(C:)>Windows>System42>drivers>etc kemudian klik file hosts.




Kemudian buka web browser dan ketik nama domain atau IP dnsnya. Maka tampilan awal wordpress yang telah kita buat akan seperti ini. Sebelumnya akan muncul pop up untuk sign in disini kita masukkan username nya administrator dan password yang sudah kita buat sebelumnya.





Sekian dari saya, semoga bermanfaat :)
Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Wassalamualaikum.Wr.Wb


Share:

0 komentar:

Posting Komentar