Rabu, 17 Oktober 2018

KB 5 - Analisis Kebutuhan Teknologi Dalam Jaringan

Assalamualaikum. Wr. Wb

Salam sejahtera bagi kita semua para pecinta IT :)
Disini saya akan menganalisis kebutuhan teknologi dalam jaringan




Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Perangkat keras (Hardware) adalah semua bagian fisik komputer atau komponen pada computer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Contohnya : CPU, Monitor, Mouse, Keyboard, Printer, dll.


Perangkat lunak (Software) adalah data-data yang terdapat pada sebuah computer yang diformat kemudian disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Contohnya : Sistem Operasi, software aplikasi, dll.

Analisis Kebutuhan Jaringan Computer

Hardware 

1.    Personal computer
Personal Computer  atau PC merupakan perangkat utama dalam suatu jaringan computer. PC inilah yang akan bekarja mengirim dan mengakses data dalam jaringan.

2.    NIC
NIC merupakan port yang menghubungkan computer dengan jaringan. Port atau card ini bergabung di dalam PC yang menempel pada Main Board. Berdasarkan tipe bus, ada beberapa tipe NIC atau Network Card, yaitu ISA dan PCI.

3.    Kabel jaringan


- Kabel Coaxial 
Tampilan fisik terdiri dari kawat tembaga sebagai inti yang dilapisi oleh isolator.

- Fiber Optik 
Terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat.

- Twisted Pair 
Terdiri dari beberapa kabel yang saling melilit. Ada dua jenis kabel Twisted Pair. Shielded Twisted Pair (STP) danUnshielded Twisted Pair (UTP).

4.    Konektor
Sebagai saran penghubung antar kabel dengan colokan NIC.

5.    Hub/Switch
Hub adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer dan perlatan lain dalam jaringan. Fungsi hub yaitu untuk mengarahkan informasi dalam jaringan sehingga sampai ke tujuan. Namun untuk mendapatkan kualitas transformasi data yang baik dapat digunakan switch untuk menggantikan hub. Hub dan switch memiliki persamaan fungsi untuk mengarahkan informasi dalam jaringan. Namun switch memiliki nilai lebih dibandingkan hub.

6.    Modem
Modem atau Modul the Modulator adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telpon. Dengan kata lain, modem adalah alat yang bertugas untuk mengubah data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya yang bisa dipahami oleh kita.

7.    Bridge
Bridge adalah peralatan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama.

8.    Router
Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan yang berbeda ke jaringan lain yang bukan susunan atau jaringan yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

9.    Repeater
Repeater berguna untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel LAN lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel lain.

Software 

1.    System Operasi
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber dayaperangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Contohnya, Windows, Linux, Mac OS, dll.
2.    Web Server
Web Server adalah komputer server yang menyediakan informasi yang bisa dilihat oleh pengguna internet. Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan.
3.    Web Browser
Web Browser atau dalam bahasa indonesia peramban web merupakan software yang mempunyai fungsi menampilkan halaman sebuah website. Sedangkan pengertian web browser menurut wikipedia "perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web" .
4.    File Transfer Protocol
Protokol pengiriman berkas (Bahasa inggris: File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.

Perangkat Teknologi Komunikasi Pada Telepon

Telepon kabel adalah alat komunikasi yang membutuhkan kabel agar dapat berfungsi.

Telepon Seluler menggunakan sistem wireless, pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station). BTS adalah peralatan mengubah arus listrik menjadi yang suara. penerima ditempatkan memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.

Adapun komponen terpenting yang terdapat pada telepon yakni adalah Mekanisme dialing, Transmitter, Ringger dan Receiver.

- Mekanisme Dialing memungkinkan penelpon memasukkan nomor tujuan yang ingin dia panggil.
- Transmitter atau pemancar sering juga isebut dengan mikrofon berfungsi mengubah suara menjadi arus listrik yang kemudian dikirimkan lebih jauh melalui kabel telepon.
- Ringer berfungsi untuk memberikan sinyal adanya telpon yang masuk pada permulaan. Ringer terbuah dari sebuah lonceng kecil.
-  Receiver atau penerima berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi suara.

Teknologi Komunikasi Perangkat Bergerak

- UMTS (3G) merupakan jawaban atas kebutuhan komunikiasi suara dan data yang lebih cepat dibanding dengan generasi sebelumnya. Teknologi menawarkan kecepatan pengirim data antara 114-384 Kbps untuk user yang bergerak dengan kecepatan 100km.
- GPRS (2,5G) merupakan teknologi pengembangan dari GSM yang hanya menggunakan komunikasi suata saja yang kemudian ditambahkan agar mampu dipakai dalam pengiriman data. Teknologi dibagi menjadi tiga kelas yaitu A B dan C
- HSDPA (3,5G) merupakan teknologi peralihan dari UTMS ke Wimax yang menawarkan kecepatan pengiriman data hingga 7,2 - 14 Mbps.
- Wimax (4G) Keunggulan utama dari wimax adalah kecepatan pengiriman data yang sangat tinggi dan ditunjang oleh cakupan yang luas sehingga jumlah BTS pemancar dapat diminimalkan.

Teknologi komunikasi ditekankan pada sebagaimana suatu hasil data dapat disalurkan, disebarkan dan disampaikan ke tempat tujuan sedangkan teknologi informasi lebih ditekankan pada hasil data yang diperoleh.

Beberapa jenis komputer yang ada disekitar kita dan perlu kita ketahui :
- Personal Komputer
- Laptop/Notebook
- PDA

Peralatan teknologi komunikasi adalah segala alat yang berfungsi untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Beberapa jenis peralatan komunikasi adalah :
- Telegraf
- Telepon
- Radio
- Televisi
- Faximile
- Satelit
- Telepon Selular
- Modem

Wireline adalah media transmisi dengan menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima. Wireline biasanya digunakan untuk jaringan dalam jarak dekat seperti dalam satu kantor atau gedung. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan wireline dapat digunakan untuk jaringan komunikasi jarak jauh, seperti pada pesawat telepon dan sambungan internet

Jaringan berkabel terdiri atas beberapa jenis yaitu:


- LAN adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer komputer yang terdapat didalam gedung atau kantor tersebut. LAN memungkinkan suatu perusahaan atau pabrik-pabrik dapat menggunakan sumber daya secara bersama-sama.

- MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

- WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN dapat saja mencakup sebuah negara atau benua.

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar yang dapat mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung ke semua komputer yang ada di dunia yang juga terhubung ke Internet.

Secara umum komponen jaringan yang digunakan dalam sebuah jaringan telepon wireline, sebagai berikut :

- Sentral Telepon : adalah perangkat yang berfungsi untuk melakukan proses pembangunan hubungan antar pelanggan. Sentral telepon juga melakukan tugas pencetakan data billing pelanggan.
- MDF : adalah sebuah tempat terminasi kabel yang menghubungkan kabel saluran pelanggan dari sentral telepondan jaringan kabel yang menuju ke terminal pelanggan. MDF biasanya diletakaan pada satu gedung yang sama dengan sentral teleponnya
- RK (Rumah Kabel) : juga merupakan sebuah perangkat cross connect saluran pelanggan, hanya saja ukurannya lebih kecil. 
- IDF : juga merupakan sebuah perangkat cross connect kabel saluran pelanggan,dengan ukuran yang lebih keicl dari MDF dan RK.
- TB (Terminal Box) : juga merupakan cross connect kabel saluran pelanggan yang menghubungkan antara kabel saluran pelanggan dalam rumah dengan pihak yang diluar rumah.
Pesawat telepon pelanggan : perangkat yang berfungsi sebagai transreceiver sinyal suara. Pesawat telepon pelanggan juga dilengkapi dengan bell dan keypad DTMF yang berfungsi untuk mendial nomor pelanggan.


Sekian dari saya, semoga bermanfaat :))))))))))
Wassalamualaikum.Wr.Eb
Share:

0 komentar:

Posting Komentar